Nikmati Discount {BELI 1 GRATIS 1} All Produk

Categories
Tips & Trik

Kulit Tetap Terhidrasi di Bulan Puasa

Selama berpuasa di bulan Ramadan, tubuh rentan mengalami dehidrasi akibat kurangnya asupan cairan. Rasa haus dan lapar mungkin merupakan efek puasa yang paling terasa. Tapi, sadarkah Anda kalau kulit juga mengalami perubahan saat tubuh sedang berpuasa? Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air dan setiap organ dalam tubuh bergantung pada kadar air, termasuk kulit. Ketika asupan cairan berkurang, tubuh menyerap kelembapan di kulit untuk memenuhi cairan tubuh. Akibatnya, kulit menjadi lebih kering saat puasa. Kulit yang kering rentan memicu tanda penuaan di permukaan kulit dan membuat tekstur kulit menjadi lebih kasar. Agar kulit tubuh dan wajah tetap lembap saat puasa, lakukan beberapa tips berikut.    

Penuhi Asupan Cairan

Penuhi Asupan Cairan Cara ini merupakan kunci utama agar kulit tetap terhidrasi. Penuhi asupan cairan dalam tubuh dengan minum air putih yang cukup dan konsumsi makanan dengan kadar air yang tinggi seperti sup, sayuran, dan buah-buahan segar. Agar tubuh terhidrasi, berikut anjuran minum air saat berpuasa:

Dua Gelas air Saat Berbuka

Usahakan untuk minum air putih segera setelah waktu berbuka tiba dan minumlah air putih 30 menit sebelum makan besar. Selain menghilangkan rasa haus, air putih juga berfungsi menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat beraktivitas sepanjang hari. 

Empat Gelas Air Putih saat Makan Malam Konsumsi dua gelas air putih setelah makan malam dan dua gelas lagi menjelang waktu tidur.

Dua Gelas Air Putih saat Sahur Sahur sangat penting untuk memberikan energi yang cukup bagi tubuh selama berpuasa. Oleh karena itu, penuhi asupan makanan dan cairan tubuh saat sahur. Jangan lupa, konsumsi dua gelas air putih saat sahur.

Jauhi Minuman Bersoda dan Kafein Minuman kafein dan soda dapat menyerap mineral dalam tubuh sehingga menimbulkan efek negatif pada kulit. Selain itu, kedua minuman ini terbukti dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Rawat Kulit di Area Mata

Perubahan pola tidur selama bulan Ramadan dapat menyebabkan Anda kurang tidur sehingga memicu masalah kulit di area mata, seperti munculnya lingkaran hitam pada mata. Upayakan untuk tidur 8 jam setiap hari dan oleskan serum mata secara rutin. Anda juga bisa menempelkan irisan mentimun atau kantung teh hijau untuk membantu melembapkan kulit dan mengatasi mata sembap. Pijatan ringan di area mata untuk relaksasi juga bisa dilakukan. Berbagai cara ini akan membantu merawat kulit dan menjaga kulit di area mata tetap cerah.

Gunakan Tabir Surya

Saat berpuasa, kulit rentan mengalami dehidrasi dan cenderung lebih kering. Kondisi kulit ini bisa menjadi lebih buruk ketika terkena paparan sinar matahari. Untuk itu, pastikan Anda selalu memakai tabir surya sebelum beraktivitas.

Oleskan Pelembap

Krim pelembap merupakan salah satu produk perawatan yang wajib digunakan terutama saat berpuasa. Oleskan pelembap segera setelah pemakaian serum. Sesuai namanya, pelembap berfungsi mengembalikan kelembapan kulit karena kurangnya hidrasi selama berpuasa. Pilihlah pelembap wajah yang bebas minyak.

 

Terapkan Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat dapat melindungi kulit saat berpuasa. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin A, B, dan C saat sahur dan berbuka puasa. Berbagai vitamin ini membantu merawat kulit secara alami dan dikenal ampuh memudarkan bintik-bintik gelap serta mencerahkan kulit.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *